Pusat Desain Optik PDO

Latar Belakang Pusat Desain Optik

Perkembangan industri optik dinegara kita memang belum begitu nampak, hal ini dapat kita lihat dengan tingginya angka import frame ( bingkai kacamata ) dari pada export. Tingginya aktivitas serta banyaknya factor-faktor yang mempengaruhi gangguan tajam penglihatan terhadap seseorang mengakibatkan tingginya angka kelainan refraksi, dengan kondisi tersebeut jelaslah bahwa setiap orang akan memerlukan bingkai kacamata untuk meningkatkan tajam penglihatan, perkembangan bingkai kacamata bukan sebatas hanya pada alat rehabilitasi tajam penglihatansaja,tatapi pada saat ini sudah lebih menuju kearah kosmetik/fashion dan juga penggunaan kacamata sudah lebih kearah kesehatan dan keselamatan dari bahaya akibat kecelakaan kerja.

Dari data diatas jelas adanya peningkatan signifikan akan kebutuhan akan bingkai kacamata dan lensa kacamata, hal ini yang mendorong untuk ditingkatkan industri optik didalam negeri. Dengan berkembangnya industri optik maka akan meningkatkan devisa negara, menciptakan lapangan kerja serta membuka pasar exsport. Signal ini dijadikan konsep untuk dibentuknya suatu organisasi yang independen yang memiliki visi dan misi meningkatkan industri optik.

GAPOPIN sebagai organisasi pengusaha optik indonesia dan Dep-Perindustrian sebagai regulator yang membuat kebijakan-kebijakan, melakukan kerjasama yang dituangkan MOU untuk meningkatkan industri optik di Indonesia, dan kemudian ditindaklanjuti dengan perlu dilakukan suatu kebijakan untuk mendukung target yang dicanangkan, maka dibentuk suatu badan yang memiliki legalitas yang kuat serta sarana dan prasarana yang mendukung untuk pengembangan industri yaitu ” Pusat Design Optik ”. Dimana dalam melakukan kegiatan pusat desain optik melakukan secara profesional dan bertanggung jawab untuk mengembangkan industri optik dan menciptakan tenaga-tenaga yang potensial dibidangnya.

PUSAT DESAIN OPTIK ( PDO )
Pusat Desain Optik bekerjasama dengan Dep. Perindustrian c.q. Ditjen ILMTA Deperin RI membuat materi Standar Kompetensi Nasional Refraksi Optisi di bidang Industri Optik, yang bertujuan sebagai syarat standarisasi dan sertifikasi yang diperuntukan bagi profesi, pelayanan dan industri optik. Serta melakukan Pelatihan-pelatihan tenaga RO dalam meningkatkan kemampuan/skill SDM optik.

VISI
Menjadikan Pusat Desain Optik ( PDO ) sebagai tempat untuk mengembangkan industri optik di Indonesia yang memiliki standar nasional dan Internasional.

MISI

  1. Melaksanakan program kerja Pusat Desain Optik ( PDO ) secara profesional didukung oleh sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana yang berorientasikan kepada standar nasional dan internasional.
  2. Menggunakan fasilitas, sarana dan prasarana yang mengacu kepada kemajuan tehnologi sebagai tempat untuk menciptakan dan mengembangkan sumber daya manusia di bidang industri optik.
  3. Meningkatkan kinerja pelaksanaan manajemen Pusat Desain Optik secara profesional dan berkualitas dalam rangka mengembangkan industri optik di Indonesia.
  4. Mengembangkan program Pusat Desain Optik (PDO) melalui penelitian dan pengembangan industri optik untuk mensukseskan program pemerintah dan khususnya industri optik di Indonesia.

Pusat Desain Optik dalam menjalankan kegiatannya memiliki ruang lingkup yang jelas untuk mengembangkan industri optik di Indonesia, sehingga menjadikan Pusat Desain Optik (PDO) berfungsi sebagai :

  1. Pusat Informasi (Information Center)
  2. Pusat Desain Optik ( Optics Design Center )
  3. Pusat Jaringan Kegiatan Pengembangan Industri Optik ( Networking Industrial Optics Development Center )
  4. Pusat Standarisasi dan Sertifikasi Tenaga Ahli Refraksionis dan Optisi, Pusat pengembangan Sumber Daya Manusia dibidang Industri Optik
  5. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Industri Optik. ( Research and Industrial Optic Development )

Kantor Sekretariat PDO GAPOPIN : Jl. Pondok Aren Raya No. 108a. Bintaro Sektor IX. Kel. Pondok Aren. Kec. Pondok Aren. Kode Pos 15224. Telp / Fax : 021-7314307.
Email : pusatdesainoptik@yahoo.co.id